Selasa, 07 Februari 2012

Rumah Porak poranda dilanda puting beliung

BATUSANGKAR,HALUAN — Bencana angin puting beliung melanda pemukiman warga di wilayah Nagari Cubadak Keca¬matan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.Menjelang Magrib Senin 6/1 kemarin, sebanyak empat buah rumah warga men¬jadi porak poranda disapu angin bercampur badai.
Akibatnya masyarakat yang tengah berada di dalam rumah menjadi terkejut. Hembusan angin secara tiba-tiba meng¬guncang bagian atap, yang menga¬kibatkan kerangka atap menge¬lupas, seisi rumah menjadi kehujanan.
Rumah warga yang disapu angin puting beliung tersebut terdapat di wilayah Jorong Supanjang. Sekitar 10 menit setelah angin gila itu mem¬porakporandakan bangunan rumah , warga setempat secara spontan berkerumun di lokasi rumah yang terkena musibah.
Bangunan warga yang terparah dilanda sapuan angin itu adalah kediaman milik Fitra Wati di Jorong Supanjang, kerangka atap terbalik disapu angin, sehingga seisi rumah menjadi basak kuyup kehujanan, sementara peralatan serta mobiler yang ada masih dapat dipakai dan tidak ada korban jiwa.
Berikutnya rumah hunian Syamsinar, suku Lubuak Batang yang tinggal dalam sebuah rumah permanen bersama empat orang anaknya, sementara atap rumah sebanyak lima helai atap telah diterbangkan angin sejauh 10 meter.
Nawawi (70) juga rumahnya disapu angin gila yang datang secara tiba-tiba, semua anggota keluarganya sempat terperanjat, karena dalam waktu tidak lebih dari 10 menit setelah hujan turun, sekitar lima helai atapnya menjadi bolong.
Begitu juga seorang warga Supanjang nama Nurmainis yang tinggal bersama empat anaknya, kini dalam keadaan kedinginan, karena sejumlah atap rumah telah diterbangkan angin, kontan saja hujan dengan leluasa masuk ke dalam rumahnya.
Bainar yang juga warga Jorong Supanjang Nagari Cubadak, juga mengalami hal yang sama, kerusakan terparah terdapat pada bagian atap rumah telah porakporanda diterbangkan angin limbubu yang secara sekejap merusak bangu¬nan di wilayah Nagari Cubadak itu.
Anggota Pusdalops yang tengah piket begitu mendapat laporan dari masyarakat, langsung diperintahkan oleh Kepala BPBD Tanah Datar untuk meluncur ke TKP dan langsung melakukan pendatan sejumlah rumah yang rusak.
Zulkifli seorang tokoh masyarakat Nagari Cubadak kepada Haluan di lokasi kejadian menyebutkan, bahwa selain merusak bangu¬nan pemukiman warga, angin putting beliung juga telah membabat sejumlah tanaman masyarakat, seperti cabe dan padi yang tengah menguning di sawah.
Sekretaris Nagari Cubadak M.Yunir kepada Haluan di lokasi bencana tersebut kemarin malam menyebutkan, pihaknya tengah menata sejumlah rumah warga yang dilanda angin limbubu tersebut dan selanjutnya akan dilaporkan ker pihak Pemkab Tanah Datar secepatnya. (jn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar