Kamis, 09 Februari 2012

Gunung Marapi masih semburkan abu Vulkanik



BATUSANGKAR, HALUAN — Gunung Marapi kembali menyemburkan abu vulkanik, Selasa (7/2).
Bahkan Minggu (5/2) lalu, ketinggian semburan abu men¬capai ratusan meter. Semburan abu itu terlihat jelas dari wilayah Nagari Tuo Pari¬angan.
Warga Jorong Sikaladi Nagari Pariangan, yang sedang meng¬ikuti acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, terkejut melihat semburan abu vulkanik tersebut.
Selang beberapa menit saja, gumpalan awan hitam yang membubung ke udara itu terlihat menyebar ke arah timur ditiup angin. Hujan abu akibat sem¬buran itu dirasakan warga yang bermukim di Jorong Guguak Pariangan.
“Untung saja sorenya hujan. Abu yang melekat pada daun tanaman sudah kembali bersih, sehingga tanaman seperti cabai, bawang dan kacang tanah akan tumbuh subur,” tutur seorang warga Guguak Malin Sutan.
Dari data yang diperoleh Haluan di Kantor BPBD Tanah Datar, semburan abu vulkanik sudah berlangsung sejak bulan Agustus tahun 2011 lalu. Sejak itu, hampir setiap hari, hingga saat ini, gunung itu masih menyemburkan debu.
Sementara status Marapi masih dalam level siaga. Warga selalu diharapkan waspada. Bila menunjukkan tanda-tanda mem¬bahayakan, sejumlah jalur eva¬kuasi bagi warga yang ber¬mukim pada radius 5 km di seputar lereng Marapi, juga sudah disi¬apkan.
“Aktivitas Marapi memang unik sekali bila dibandingkan dengan Gunung Merapi Jog¬yakarta. Marapi yang berada dalam dua wilayah, Tanah Datar dan Agam, ini cukup sulit dipre¬diksi,” tutur Kepala BPBD Tanah Datar Altri Suandi. (h/emz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar