Jumat, 17 Februari 2012

Putra Batusangkar Jadi Dirjen Dukcapil Kemendagri


JAKARTA,HALUAN —- Satu lagi putra terbaik asal Sumatera Barat masuk ke jajaran pejabat penting di pemerintahan pusat. Kali ini, Ir. H. Irman MSi, putra asal Batusangkar, Sumatera Barat itu, kemarin dilantik Mendagri Gamawan Fauzi sebagai Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.
Irman dilantik bersama sejum¬lah pejabat eselon 1,2 dan 3 di lingkungan Kementerian Dalam Negeri. Sebelum berkarir di kantor kementrian dalam negeri, Irman pernah menjadi Asisten III Peme¬rintah Provinsi Sumatra Selatan pada saat Gubernur Sumatra Selatan dijabat Rosihan Arsyad.
Alumni Pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang, kelahiran 1956 ini lebih banyak meniti karirnya di Sumatra Selatan. Diawali dari Kepala Dinas Perta¬nian dan Kepala Bappeda Kabu¬paten Lahat. Kemudian, sebelum menjabat Asisten, Irman menjadi Kepala Biro Perlengkapan.
Ketika menduduki jabatan-ja¬batan di Sumatera Selatan, Irman ma¬sih sempat menye¬lesaikan pen¬didikan S2 jurusan ekonomi di Uni¬versitas Sriwijaya Palembang. Pada tahun 2004 Irman pindah tugas ke Kementrian Dalam Negeri dengan ja¬batan awal sebagai salah satu Di¬rektur di Kementrian Dalam Negeri.
Kepada Haluan kemarin, Irman secara khusus mengatakan salah satu tugas utamanya sebagai Dirjen Dukcapil adalah bagaimana mengawal agar target program e-KTP ini bisa tercapai sebagaimana mestinya, yakni 172 juta sampai akhir tahun 2012.
Saat ini, kata Irman, sudah ada 45 juta penduduk dari 2.432 kecamatan menggunakan e-KTP. Ia berharap targetnya dapat terca¬pai. ‘’Saya mohon dukungan dari segala pihak,’’ kata Irman.
Irman juga berjanji akan mene¬ruskan agenda yang sudah dipro¬gramkan bersama konsorsium agar dapat tercapai dengan baik. Ketika ditanya apakah yakin target itu bisa dicapai, secara tegas Irman mengata¬kan sangat yakin. ‘’Kalau tidak yakin tidak mungkin kita kerjakan,’’ kata Irman.
Dalam kaitan pencapaian target itu juga, maka pada tanggal 19-22 Februari mendatang akan dilaksanakan Rakernas Kependu¬dukan yang akan dihadiri oleh seluruh bupati, walikota, ketua DPRD dan kepala dinas kependu¬dukan se Indonesia. Rakernas itu, rencananya akan dibuka oleh Mendagri Gamawan Fauzi.
Salah satu agenda rakernas, kata Irman, adalah melakukan evalusasi terhadap pelaksanaan program e KTP, kemudian menyu¬sun rencana strategis dan langkah langkah efektif untuk tercapainya target program e KTP tersebut.
Kementerian dalam negeri tampaknya benar benar tegas dan focus dalam semua program yang akan dilakukan supaya tercapai dengan baik, tanpa ada persoalan di kemudian hari. Karena itu, sebelum acara pelantikan ditanda¬tangani pakta integritas dan pene¬tapan kinerja eselon 1. Pakta inte¬gritas adalah merupakan instrument kebijakan yang dituju¬kan untuk menegakkan etika pemerintahan dalam pelaksanaan tu¬gas, terma¬suk dalam mencegah ter-jadinya korupsi, kolusi dan nepotisme.
‘’Oleh karena itu setiap pejabat struktural wajib menandatangani pakta integritas sebagai bentuk janji untuk menghindarkan diri dari¬penyalahgunaan wewenang,’’ kata Mendagri Gamawan Fauzi.
Dalam sambutannya, Mendagri Gamawan Fawzi mengharapkan agar para pejabat yang baru dilantik senantiasa melakukan upaya peningkatan kinerja pribadi maupun kinerja unit kerja, agar terwujud peningkatan kinerja Kemdagri. (h/des)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar