Senin, 27 Februari 2012

Gubernur Irwan Prayitno: Jadikan Lintau sebagai Kawasan Organik



Batusangkar,
Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Pualam melakukan pelatihan kepada petani organik sebanyak 400 orang, mereka berkeinginan untuk mengembangkan pertanian organik di Kabupaten Tanah Datar.
Pertanian pupuk organik cukup berkembang pesat di daerah itu. Gubernur Sumatera Barat memberikan apresiasi kepada Kabupaten Tanah Datar khususnya di Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara karena kepedulian masyarakat dalam pertanian organik.
“Bentuk penghargaan propinsi terhadap Lintau, 500 hektar, kita bantu Rp2 juta perhektar. Kalau ada daerah lainnya yang sungguh juga akan kita bantu,” tegasnya.
Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar Hendri Arnis. Kadinas Pertanian Tanaman Pangan, Djoni, Kadinas Kelautan dan Perikanan Yosmeri, Kadinas Perkebunan Fajaruddin, dan anggota DPRD Sumbar Irdinansyah Tarmizi yang juga tokoh masyarakat di Lintau.
Lebih lanjut, disampaikan Irwan Prayitno, “Ini luar biasa, karena masyarakat yang berinisiatif serta mengelola sendiri dengan kemampuan yang ada dari masyarakat sendiri,” puji Gubernur Irwan Prayitno kepada P4S Pualam Organik yang ada di daerah Lintau, Jumat (24/2) ketika pembukaan Jambore dan Temu Petani Organik di Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar.
Menurut Gubernur, jika pemerintah yang melakukannya itu adalah hal biasa, sebab pemerintah bisa saja punya ketersediaan dana dan fasilitas untuk itu, akan tetapi beda bila masyarakat melakukannya sendiri dan menyediakan lahan sendiri, ini jadi luar biasa.
“Pemerintah tinggal memberikan stimulan, arahan dan bimbingan agar P4S Pualam Organik Lintau Buo dan Lintau Buo Utara ini dapat berjalan dan mencapai level madya dan utama,” ujarnya.
Di Sumatera Barat telah ada 30 P4S yang sudah mencapai level madya dan utama. Ada juga yang baru mendaftar dan akan segera mendaftarkan.
P4S Pualam Organik meskipun dikelola berdasarkan swadaya masyarakat di daerah Lintau ini patut diacungi jempol, karena adanya kesadaran masyarakat untuk pendekatan organik sehingga mampu menghasilkan produk organik yang sehat dan ramah lingkungan serta aman untuk dikosumsi.
Mengunakan pupuk organik kualitas pertanian bagus, produk yang dihasilkan pupuk organik harganya bisa lebih tinggi, ujar Irwan.
Sembilan Wali Nagari se Lintau Sepakat menjadikan Lintau Lembah Organik yang juga disaksikan Gubernur Sumatera Barat. [humas]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar