Rabu, 14 Maret 2012

Pedagang Dirudung Duka, Pasar Ombilin Terbakar



OMBILIN, TANAH DATAR, SO--Lagi, pedagang dirudung duka. Sekitar 20 buah petak kios di Pasar Ombilin Rambatan, kabupaten Tanah Datar, Selasa sore tadi (13/3), sekitar pukul 15.00 Wib, ludes terbakar.

Kios semi permanen penjualan ikan bilih yang terletak di sepanjang pinggir jalan kereta api arah jembatan Ombilin itu, hangus tanpa ada bangunan yang tersisa.

Belum tahu sumber api dan penyebab kebakaran. Kerugian musibah kebakaran diperkirakan mencapai sekitar Rp 600 juta. Tidak banyak barang kios yang bisa diselematkan oleh pemilik dan warga sekitar, karena disamping bangunan kios banyak terbuat dari kayu, angin kencang juga membuat api semakin membesar.

Puluhan warga sekitar pasar Ombilin berupaya keras memadamkan api dengan mengambil air dari danau Singkarak. Dua mobil kebakaran dari Pemda Tanah Datar dan Padang Panjang datang setelah api membakar semua deretan kios.

Informasi sementara yang dikumpulkan www.sumbaronline.com, sumber api diperkirakan dari salah satu kios yang berada ditengah tengah bangunan, sehingga api cepat menjalar dari kiri dan kanan bangunan kios. Usaha warga untuk menyelamatkan barang dagangan pun tidak maksimal.

Akibat kebakaran ini, jalan raya Padang Panjang - Solok macet dan tidak dapat dilalui, karena bangunan kios tepat berada dipinggir jalan.

Hisakan tangis pemilik kios tidak dapat terbendung setelah melihat kios mereka diamuk sijago merah. Puluhan aparat Polres Tanah Datar turun ke lapangan untuk membantu warga, namun usaha tersebut tidak berhasil karena bangunan kios sudah duluan terbakar. Kebakaran kali ini merupakan kebakaran ketiga sejak tahun 1986

Tidak ada komentar:

Posting Komentar