Sabtu, 10 Maret 2012

Foto Facebook 'Berlokasi' Bahayakan Nyawa Tentara



Amerika Serikat - Di tahun 2007, 4 helikopter dihancurkan di Irak akibat foto dengan informasi geotagging muncul di internet. Wajar jika kini pihak militer Amerika melarang postingan foto dengan penambahan posisi data GPS tersebut.

Risiko yang mengancam kehidupan tentara makin meningkat, demikian peringatan yang dikeluarkan US Army. Diketahui kini banyak smartphone yang secara otomatis melakukan geotagging pada foto dengan memakai fitur GPS yang ada.

Fitur Timeline di Facebook juga mengeluarkan risiko yang sama, baik pada tentara sendiri maupun pada keluarganya. Tak hanya memberitahukan informasi pada teroris, aksi itu juga berkemungkinkan menghasilkan informasi lokasi pada hacker atau kriminal lainnya.

Pun juga aksi check in di situs berbasis lokasi seperti Foursquare atau Gowalla, hal ini sama sekali tidak direkomendasikan. "Apakah Anda ingin semua orang tahu di mana lokasi rumah atau sekolah anak Anda?" demikan dikatakan Dale Sweetnam dari divisi Online dan Social Media.

Smartphone dan situs jejaring memang menimbulkan dampak negatif bila dipakai tidak pada tempatnya. Bila peringatan tersebut diserukan di Amerika, di Inggris peraturannya malah lebih ketat. Tentara di Inggris dilaporkan dilarang memakai ponsel di semua zona operasi mereka, demikian yang dilansir dari BBC, Sabtu (10/3/2012).

( sha / sha )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar