Sabtu, 03 Maret 2012

Kucurkan KUR Rp500 Juta



Batusangkar, Padek—Bank Nagari (BN) Batusangkar membuat terobosan baru dengan menggandeng gabungan kelompok tani (Gapoktan) LKMA Pagaruyung Indah.
Ini dalam rangka mempercepat kredit usaha nagari melalui pola executing (pemberian kredit dari Bank Nagari ke Gapoktan LKMA). Kerja sama tersebut ditandatangani Kepala Cabang Bank Nagari Sania Putera dan Gapoktan LKMA Pagaruyung Indah, Afrizal Dt Rangkayo Bungsu, kemarin.

”Dipilihnya Gapoktan LKMA Pagaruyung Indah ini, setelah melihat kiprah selama ini di dalam menyalurkan dana BLM-PUAP Rp 100 juta. Sampai saat ini sudah berkembang menjadi Rp 200 juta. Tidak itu saja, kelompok gapoktan LKMA Pagaruyung Indah ini, juga keluar sebagai kelompok gapoktan terbaik di Kabupaten Tanahdatar dan juara III di tingkat Sumbar,” kata Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Sania Putera, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Sania berharap melalui kerja sama tersebut pihaknya optimis kelompok ini akan bisa berkembang. Jika berhasil akan dijadikan kelompok gapoktan proyek percontohan dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).
”Sampai saat ini Bank Nagari telah menyalurkan kredit KUR Rp 9,4 miliar sejak pertengahan 2010 lalu dengan jumlah nasabah 339 nasabah. Sedangkan jumlah kredit yang sudah disalurkan seluruhnya Rp 347 miliar,” ungkapnya.

Sementara, program kredit yang dikembangkan melalui Bank Nagari adalah KKPE, KUPS dan kredit SUP 005. ”Khusus kredit SUP 005 sudah kita salurkan Rp 15,2 miliar untuk kegiatan perdagangan,” ungkapnya.
Ketua Kelompok Gapoktan Pagaruyung Indah, Afrizal Dt Rangkayo Bungsu menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bank Nagari yang telah memberikan kepercayaan kepada kelompoknya untuk menyalurkan KUR. Dengan modal kepercayaan kredit yang disalurkan tersebut Rp 500 juta. ”Walaup un dengan modal kepercayaan tapi kepada anggotanya pihaknya tetap akan memberikan persyaratan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar