Rabu, 14 Desember 2011

Puluhan Rumah Diterjang Puting Beliung



Batusangkar, Padek—Sebanyak 49 rumah di Jorong Balerong Bunta Batirai dan Jorong Carano Batirai, Nagari Rao-Rao, Tanahdatar, diterjang angin puting beliung, Minggu (11/12) sore. Akibatnya, tujuh rumah rusak berat, selebihnya rusak sedang dan ringan. Kerugian ditaksir mencapai Rp500 juta.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, kejadian yang mengejutkan masyarakat Rao-Rao, Kecamatan Sungaitarab tersebut terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Sebelumnya turun hujan dan terdengar petir. Umumnya, rumah masyarakat yang luluhlantak diterpa angin puting beliung tersebut adalah rumah rumah gadang dan rumah papan di sekitar areal persawahan. Seluruh atap rumah tampak berserakan diterbangkan angin.

Unriwati, istri Wali Jorong Balerong Bunta Ikhwan S Gaya yang rumah gadang miliknya rusak berat akibat dihantam angin puting beliung menyebutkan, saat kejadian dia bersama anak-anaknya, tengah duduk di beranda depan rumah. ”Kami melihat angin berputar di muka rumah. Seolah ada pertemuan angin yang begitu kuat, dan saat itulah rumah kami diterpa angin hingga roboh,” ujar Unriwati.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Altri Suandi didampingi Camat Sungai Tarab Syahril pihaknya sudah mengambil langkah-langkah penanganan darurat terhadap masyarakat yang menjadi korban.

Ketua PMI Tanahdatar Ny Betty Shadiq yang turun ke lokasi juga telah menurunkan relawan dan segera mengirimkan bantuan. (jn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar