Kamis, 29 Desember 2011

Bantuan Pendidikan Keluarga Miskin Tanah Datar Ditanggung BAZ



BATUSANGKAR, HALUAN — Kerisauan akan kelangsungan kelanjutan program bantuan sosial untuk pendidikan keluarga miskin (KK) di Tanah Datar akibat akan diberlakukannya Kepmendagri Nomor 32 tahun 2011 mulai tahun depan, diharapkan dapat dijawab dengan program BAZ Tanah Datar.
Program pemberian bantuan sosial untuk kelajutan pendidikan keluarga miskin oleh Pemkab Tanah Datar sejak tahun 2006 telah membawa pengaruh besar ter¬hadap perkembangan pandangan masyarakat, sehingga mereka menyekolahkan anaknya secara sungguh-sungguh, meski tidak mungkin dalam pembiayaan.
Keterbatasan biaya tidak akan menjadi kendala untuk melan¬jutkan pendidikan ke perguruan tinggi, karena pemerintah Tanah Datar menyediakan bantuan.
Selama ini, untuk mening¬katkan SDM di Tanah Datar, Pemkab Tanah Datar telah mem¬programkan bantuan pendidikan bagi keluarga miskin yang me¬miliki kemampuan untuk me¬lanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Dana bantuan sosial itu berasal dari APBD. Bantuan pendidikan dengan amat mudah realisasi dan pelaksanaannya, tanpa ada ma¬salah.
Permendagri Nomor 32 tahun 2011 yang akan diberlakukan pada tahun 2012 telah mengatur tata cara pemberian bantuan kepada penerima APBD. Dana hibah dan bantuan sosial tidak mungkin diberikan semudah tata cara pendistribusian bantuan sebagaimana selama ini. Bahkan pemberian bantuan hibah maupun bantuan sosial tidak dapat dibe¬rikan setiap tahun berturut-turut.
Terkait aturan itu, Bupati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe, yang merisaukan terputusnya program bantuan itu, tetap mem¬beri dorongan dan motivasi yang tinggi bagi masyarakat untuk giat bersekolah.
Diharapkan, pengumpulan dan pendistribusian zakat melalui BAZ akan menjadi solusi persoalan tersebut. Hal itu disampaikan bupati pada acara pembahasan rencana anggaran pengumpulan dan pendistribusian zakat melalui BAZ, Senin (26/12), di Gedung PKK.
Dengan demikian, perma¬salahan ini diharapkan akan dapat di tangani oleh BAZ Tanah Datar, sehingga program yang bermanfaat bagi peningkatan SDM masyarakt ini terus berlanjut.
BAZ Tanah Datar pada tahun 2012 menargetkan dapat mengum¬pulkan dan mendistribusikan zakat sebesar Rp6 miliar dengan prog¬ram Tanah Datar Makmur, Tanah Datar Sejahtera, Tanah Datar Cerdas, Tanah Datar Peduli, Tanah Datar Takwa dan Tambahan Ope¬rasional.
Ketua BAZ Tanah Datar Em¬rizal Dt Hyang Basa pada acara yang dihadiri Ketua MUI Syukri Iska, Kabag Kesra Yuhardi dan
Pengurus BAZ Kecamatan se Tanah Datar menyatakan duku¬ngannya terhadap upaya peme¬rintah Tanah Datar dalam mem¬bantu keluarga miskin untuk ke¬lanjutan pendidikannya, meng¬ingat program ini sangat penting dan menyangkut kemaslahatan umat.
“Apa yang menjadi kerisauan bupati itu tentu juga menjadi kerisauan kita semua,” ungkap Emrizal. (jn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar