Rabu, 28 Desember 2011

Proyek PNPM Diresmikan



Batusangkar, Padek—Keberhasilan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) tak bisa dipungkiri. Buktinya pembangunan jalan usaha tani berhasil di sebagian besar daerah. Salah satunya jalan usaha tani yang dikerjakan oleh Kelompok Tani (Poktan) Balerong Jorong Balai Batu Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum.

Hal itu diungkapkan Bupati Tanahdatar M Shadiq Pasadigoe saat meresmikan pembangunan jalan tani yang dikerjakan oleh Kelompok Tani Jorong Batu Nagari Lima kaum dan Peresmian itu juga dihadiri oleh Penanggung Jawab Operasional PNPM MP Provinsi Sumatera Barat Zakirwan Chan, Kepala Badan Taskim dan PPMKB dan Camat Lima kaum Hernita S Sos.

Jika tidak ada dana PNPM, ia yakin sulit untuk mempercepat akses pembangunan termasuk jalan ke daerah pertanian. Apalagi semua kegiatan proyek PNPM itu direncanakan dikerjakan dan diawasi mereka. “Hasilnya telah bisa kita lihat dengan pembangunan jalan tersebut dan tidak itu saja akses jalan pertanian selebar 1,5 meter bisa membuka dan membawa hasil pertanian dan tanaman Hortikultura,” ujar Shadiq.

Penanggung Jawab PNPM MP Provinsi Sumatera Barat Zukirwan Chan mengharapkan dengan dibukanya akses jalan bisa meningkatkan kesejahteraan petani. “Ikut pula meringankan ongkos angkut hasil pertanian khususnya padi dari areal sawah ke rumah,” ujar Zukirwan. (jn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar