Kamis, 22 Desember 2011

Lima Kecamatan di Tanah Datar Rawan Tuberkulosis



BATUSANGKAR, HALUAN — Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Cabang Kabupaten Tanah Datar melakukan program pelatihan bagi kader tuberkulosis di lima Puskesmas dalam lima kecamatan yang rawan tuberkulosis di Kabupaten Tanah Datar.
Pelatihan tersebut untuk melatih kemampuan kader menangani, mendata dan mengevaluasi penderita tu¬berkulosis di nagari-nagari agar kebiasaan menyem¬bunyikan penyakit dapat diubah, mem¬biasakan diri untuk mengobati, serta pencegahannya.
Ketua PPTI Cabang Tanah Datar Des Aulizul didam¬pingi sekretaris, Jumiarti, Selasa (20/12), menjelaskan, pelatihan dilaksanakan di lima Pus¬kesmas kecamatan yang rawan tuberkulosis yaitu, Puskesmas Lintau Buo II dan III, Puskes¬mas X Koto, Singgalang dan Puskesmas Padang Ganting, dari 5 -13 Desember 2011.
Des Aulizul mengimbau kepada masyarakat yang men¬derita penyakit tuberkulosis agar memeriksakan diri ke Pus¬kesmas terdekat atau mem¬beritahu kepada kader PPTI yang ada di Puskesmas terdekat.
“Pelatihan bagi kader ini sangat besar dampaknya terha¬dap penanggulangan tuberku¬losis di Tanah Datar, karena para kader dapat membongkar dan meng¬ungkap penderita yang selama ini merahasiakan tuberkulosis yang selama ini dideritanya,” ungkap Des (jn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar