Rabu, 14 Desember 2011

Indo Jalito Juarai Festival Randai

Batusangkar, Padek—Randai Indo Jalito dari Kecamatan Lima Kaum dan Talempong Pacik Kecamatan Lintaubuo berhasil keluar sebagai juara pertama festival randai dan talempong Pacik tingkat Tanahdatar.
Festival Randai dan Talempong Pacik yang diikuti oleh 14 kecamatan di Tanahdatar digelar di halaman Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanahdatar.di benteng Van der Cappelen. Sedangkan juara II dan III direbut Rambun Kusuma dari Lintau Buo dan Siti Baheram dari Rambatan.

Staf ahli Pemkab, Irsal Veri Idrus acara ini diwujudkan secara berkelanjutan. Semua pihak mesti terlibat. Tidak saja pemkab tapi juga masyarakat. “Agar kesenian dan budaya tradisi Minangkabau dapat bertahan menjadi aset daerah,” ujar Irsal saat pembukaan kemarin.

Kepala Dinas Kebudayaan Alfian Jamrah menyebutkan, kegiatan dilakukan dalam upaya melestarikan kesenian tradisi di Luak Nan Tuo, sehingga kesenian dan budaya yang ada di Tanah datar terus dapat mempertahankan diri dari ancaman negatif globalisasi dan dari hasil yang lakukan tersebut kepada pemenang disamping mendapat pigam penghargaan juga diberikan uang transport. (jn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar