Selasa, 10 Januari 2012

Kelompok tani dapat Bantuan Alat dan mesin Pertanian





Batusangkar, Padek—Kelompok Tani (Keltan) Simpang Ngalau Jorong Balimbing Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan terima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan). Bantuan berupa dua unit traktor tangan, satu unit mesin perontok padi (tresher) dan satu unit mesin pompa air dari Kementerian Pertanian RI.

Kelompok taninya baru berdiri sejak 26 September 2009 sudah memiliki 18 orang anggota. Selain itu keltan ini memiliki unit usaha seperti simpan pinjam, jasa tenaga kerja pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan pertanian.

Sementara itu Kepala Dinas pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Ir Edi Arman mengakui bantuan alsitan yang diberikan kepada kelompok tani balimbing intinya untuk membantu percepatan kesejahteraan petani karena peralatan alsintan ini sangat strategis. strategis dalam mendukung pemenuhan produksi pertanian yang terus meningkat dengan menurunnya daya dukung lahan, dan rendahnya intensitas pertanaman.

“Alsintan dapat mempercepat dan meningkatkan mutu pengolahan tanah, penyediaan air, meningkatkan intensitas pertanaman (IP), meningkatkan produktivitas ternak, mengurangi kehilangan hasil, menjaga kesegaran dan keutuhan, meningkatkan nilai tambah melalui pengolahan produk komoditas pertanian dan melestarikan fungsi lingkungan,” tegasnya. (jn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar